< Kisaran Harga Panel Surya untuk Satu Rumah | ELEKTRINA ENERGY
Kisaran Harga Panel Surya untuk Satu Rumah

Kisaran Harga Panel Surya untuk Satu Rumah

Dalam industri panel surya, terdapat sebuah tingkatan produsen untuk mengetahui sebuah produk panel surya. Biasanya hal ini dilakukan supaya seorang produsen mampu menemukan harga panel surya murah dan juga berkualitas.

Perlu diketahui, ternyata masih banyak dari produsen yang belum mempunyai pengalaman dalam membeli dan memilih panel surya murah yang awet dan tahan lama. Namun memilih panel surya akan menjadi hal yang cukup merepotkan karena banyak penyedia jasa seperti jasa pemasangan solar power Malang.

Jika Anda berminat untuk menggunakan panel surya di rumah Anda, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu cara menghitung biaya sebelum mengetahui bagaimana cara kerja panel surya. Inilah beberapa aspek yang mempengaruhi kisaran harga yang diperlukan untuk satu rumah.

Melihat Tagihan Listrik Sebelumnya

Pertama tama anda harus menghitung kebutuhan beban di rumah yang akan menggunakan tenaga dari solar panel. Dari tagihan listrik, bisa dilihat tingkat konsumsinya dalam bentuk kilowatt per jam setiap bulan misalnya. Nah dari situ kita bisa identifikasikan berapa kwh yang dibutuhkan setiap hari, misalnya 200 watt.

Lamanya Beban yang akan Dihidupkan

Pertanyaan selanjutnya adalah, berapa lama beban yang totalnya 200 watt ini akan dihidupkan dengan menggunakan sistem solar panel? Ambil contoh  misalnya 12 jam. Jika 12 jam, jadi total konsumsi daya beban dalam sehari adalah 12 x 200 watt = 2.400 watt.

Waktu yang Efektif untuk Menggunakan Solar Panel

Kita akan lebih untung apabila menggunakan solar panel dinyalakan pada malam hari. Dengan begitu, penggunaan baterai relatif tidak terlalu berat dan jumlah baterai dapat dikurangi jumlahnya, karena listrik yang di-supply tidak hanya oleh baterai tetapi sinar matahari masih turut memberikan supply.

Apabila menggunakan sistem solar panel pada pukul 18.00 s/d 06.00 (12 jam). Kemudian ada harus menghitung berapa besar dan jumlah baterai yang dibutuhkan untuk men-supply beban sebanyak total 2.400 watt. Kemudian Jumlah total 2.400 watt harus  ditambahkan sekitar 20 persen yang adalah listrik yang digunakan oleh perangkat selain panel surya, yakni inverter sebagai pengubah arus DC menjadi AC karena pada biasanya peralatan rumah tangga menggunakan arus AC, dan controller yakni menutup arus ke baterai jika tegangan sudah berlebih di baterai dan memberhentikan pengambilan arus dari baterai, Apabila baterai sudah hampir kosong. Nah apabila ditambahkan 20 persen, maka total daya yang kita  butuhkan adalah 2.400 x (2.400 x 20%) = 2.880 watt.

Dari 2.880 watt dibagi 12 V ( tegangan umum yang dimiliki baterai) maka kuat arus yang dibutuhkan adalah 240 Ampere. Oleh karena itu apabila anda menggunakan baterai sebesar 65 Ah 12 V, maka anda membutuhkan empat baterai (65 x 12 x 4 = 3.120 watt).

Dengan mendapatkan 3.120 wat, anda akan mendapatkan jumlah panel yang dibutuhkan, termasuk besarannya yaitu sebagai berikut. Jika menggunakan ukuran panel 100 wp (watt peak), maka dalam sehari panel kurang lebih menghasilkan supply sebesar 100 wp x 5 (jam) = 500 watt.

Perihal harga, sekarang panel surya dan seluruh perangkatnya untuk sistem ON GRID berkisar USD 1,5 – 2 per wattnya. Jadi apabila kita  menggunakan sepuluh panel yang 100 wp totalnya  adalah = 10 x 100 wp, estimasi biaya kurang lebih 1000 watt x USD1,5-2 = USD1500-2000 atau sekira Rp20-30 juta.

Salah satu tantangan panel surya adalah harganya yang tidak murah, akan tetapi  merupakan bentuk investasi masa depan. Penggunaan pun bisa berlanjut sampai kurang lebih 25 tahun.

Untuk Pemesanan, Hubungi Kontak Kami

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *