< Listrik Tenaga Surya untuk Sarana Pendukung Aktivitas | ELEKTRINA ENERGY
Listrik Tenaga Surya untuk Sarana Pendukung Aktivitas

Listrik Tenaga Surya untuk Sarana Pendukung Aktivitas

Listrik merupakan salah satu sarana pendukung berbagai aktivitas manusia. Beragam aktivitas rumah tangga dan industri besar membutuhkan listrik sebagai sumber energi utama. Sebagian besar dari kita tidak berpikir banyak tentang darimana kita mendapatkan energi listrik, hanya tahu listrik tersedia dan biro. Lalu  pembangkit listrik tenaga surya hadir untuk mengubah energi surya atau cahaya matahari menjadi energi listrik. Hal tersebut diyakini bahwa alternatif tersebut berkontribusi terhadap perubahan iklim dan pemanasan global. Tak heran jika kemudian banyak jasa atau bisnis jual panel surya yang tersedia di hampir seluruh kota di Indonesia. Nah, pembangkit listrik ini bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama, secara langsung dengan menggunakan fotovoltaik atau panel surya dan kedua dengan cara tidak langsung dengan pemusatan solar power.

Apa Itu Fotovoltaik?

Fotovoltaik ini telah meluas secara dramatis dalam beberapa tahun ke belakang seiring banyaknya permintaan. Fotovoltaik akan mengubah secara langsung energi cahaya menjadi listrik menggunakan efek fotolistrik. Sedangkan pemusatan energi surya itu sendiri, menggunakan sistem lensa atau cermin yang digabungkan dengan sistem pelacak untuk memfokuskan energi matahari ke satu titik untuk menggerakan mesin kalor (panas).

Listrik yang anda gunakan saat ini darimana? Hasil dari proses pembakaran bahan bakar fosil seperti batu bara, minyak atau gas bumi. Hasil pembakaran tadi akan menghasilkan gas karbon dioksida dan itu dapat berakibat buruk lingkungan. Maka dari itu penggunaan listrik tenaga surya saat ini sebagai salah satu alternatif untuk dapat menghentikan pengelolaan global.

Bagaimana Cara Kerja Listrik Tenaga Surya?

Pembangkit listrik tenaga surya ini tidak bisa menghasilkan listrik secara langsung. Ada dua cara yang digunakan oleh pembangkit listrik tenaga surya. Pertama adalah PLTS termal, dimana cara kerjanya adalah mengumpulkan panas matahari lalu digunakan untuk memanaskan cairan. Lalu uap yang dihasilkan cairan tersebut berguna untuk menggerakan generator yang akan menghasilkan listrik.

Cara yang kedua adalah PLTS fotovoltaik, yang nantinya digunakan alat untuk menangkap energi panas matahari yang akan langsung dikonversikan menjadi energi listrik. Jenis pembangkit listrik tenaga surya fotovoltaik ini telah bertindak memang lebih efektif dan lebih cepat untuk menghasilkan listrik pembangkit listrik tenaga surya termal.

Kenapa Energi Surya Bisa Menjadi Listrik?

Bumi ini diketahui memiliki dua jenis energi surya, yaitu energi surya pasif dan aktif. Untuk sistem energi yang pasif, anda tidak membutuhkan peralatan khusus untuk menerima energi surya tersebut. Untuk sistem energi surya aktif, anda membutuhkan cara dan peralatan untuk bisa mengumpulkan energi matahari tersebut dan menyimpannya.

Cara kerja sistem termal ataupun fotovoltaik ini memanfaatkan energi surya sistem aktif. Dimana PLTS membutuhkan alat khusus untuk bisa menyerap energi matahari dan meminimalisir pantulan sinar mataharin, kemudian dikumpulkan dan diproses hingga menjadi energi listrik.

Panas energi matahari saat ini juga telah dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari yang lebih modern. Bukan hanya bisa mengeringkan pakaian yang dijemur saja, tetapi bisa digunakan untuk menghangatkan rumah di malam hari. Terutama untuk rumah yang ada di dataran tinggi, pemanfaatan ini diberi nama rumah kaca panas surya.

Maka dari itu pembangkit listrik tenaga surya sangat disarankan untuk anda gunakan, karena bisa mengurangi pemanasan global dan lebih ramah lingkungan.

Untuk Pemesanan, Hubungi Kontak Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *