< Membuka Wawasan tentang Pengertian Panel Surya | ELEKTRINA ENERGY
Membuka Wawasan tentang Pengertian Panel Surya

Membuka Wawasan tentang Pengertian Panel Surya

Membuka wawasan tentang pengertian tentang sumber energi alternatif sangat penting saat ini termasuk dengan komponen pendukungnya. Panel surya merupakan salah satu item yang harus ada ketika akan memasang PLTS.  Pengertian panel surya sendiri adalah sebuah alat yang dibuat dengan tujuan untuk membuat energi listrik dari sinar matahari. Sedangkan sel surya adalah bagian jangka waktu penyusun panel surya disebut sebagai sel photovoltaic atau pv. Disitulah perbedaan sel surya dan panel surya. Pengertian panel surya dan fungsinya dalam mengubah sinar matahari menjadi listrik sebenarnya juga dapat dilakukan dengan mengambil panas matahari untuk membangkitkan listrik, tetapi hal ini tidak populer. Kebanyakan, dalam menjalankan tugasnya untuk menyerap energi dari matahari, pv selalu tergantung kepada efek photovoltaic. Sistem kerja ini akan menimbulkan aliran arus di antara dua lapisan yang muatannya saling berlawanan.

Selama panasnya, panel tenaga surya tidak mengeluarkan limbah, sehingga ramah lingkungan. Dengan menghitungnya energi matahari, membuat penggunaan panel surya di negara kita harus didukung dan dioptimalkan. Sudah  banyak perusahaan yang menawarkan jasa termasuk instalasi tenaga surya Malang. Berikut adalah beberapa fungsi panel surya dalam kehidupan.

Menekan Penggunaan Energi Tak Terbarukan

Sudah lama manusia beberapa bahan bakar yang tidak bisa mendekati waktu yang singkat. Perlu waktu berjuta-juta tahun untuk bumi menyuplai kembali bahan bakar fosil seperti minyak bumi dan batu bara. Mirisnya, manusia semakin acuh dengan keadaan minim energi tersebut, selain untuk bahan bakar kendaraan, manusia juga menggunakan kedua bahan tersebut sebagai pembangkit listrik.

Tentu saja kelamaan bahan-bahan tersebut akan habis dan tidak lagi ada untuk menciptakan selanjutnya. Kemudian yang terjadi krisis energi yang terjadi dimana-mana dan membuat perekonomian di berbagai negara hancur. Penggunaan listrik tenaga surya menjadi salah satu langkah untuk ikut dan mengurangi ketergantungan kita akan bahan bakar fosil.

Mengurangi Emisi Rumah Kaca

Kita pasti sudah tahu, bahwa kebutuhan kelistrikan kita sehari-hari masih disuplai dari bahan bakar fosil yang sangat sulit untuk kembali. Dalam prosesnya, batubara dan minyak bumi juga harus ditempatkan dengan menggunakan alat tertentu sehingga mengeluarkan emisi yang begitu kotor.

Emisi tersebut kemudian mencemari seluruh isi bumi dengan kandungan bahan kimia seperti CO2, hal inilah yang kemudian dapat memperburuk efek kaca. Panel tenaga surya hadir menjadi jawaban untuk mengatasi dampak pencemaran tersebut, karena panel surya tidak akan menghasilkan emisi selama penggunaannya. Panel tenaga surya hanya memerlukan beberapa piranti serta energi panas matahari sebagai bahan penyuplai listrik.

Menghemat Penggunaan Listrik

Salah satu hal penting dari fungsi panel surya dalam kehidupan sehari-hari adalah, kita mampu bekerja dengan listrik yang ada. Dibutuhkan biaya yang cukup besar untuk membeli panel surya yang cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik sehari-hari seperti lampu, televisi, memasak dan sebagainya.

Dari pengertian dan cara kerja panel surya diatas sebagai sumber energi alternatif masa depan membuat banyak orang melakukan usaha membuat panel surya yang efisien dan efektif. Kenyataannya hingga saat ini jumlah pemakaian panel surya untuk rumah masih sangat sedikit. Apalagi jika penggunaan bahan bakar fosil. Bahkan tingkat perbandingannya mencapai angka lebih dari sepuluh kali lipat. Padahal penggunaan fosil sebagai bahan bakar ini diharapkan akan habis beberapa tahun lagi. Disamping itu penggunaan fosil sebagai sumber energi membuat residu berupa karbon yang menyebabkan efek rumah kaca.

Untuk Pemesanan, Hubungi Kontak Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *