< Panel Surya Adalah Perangkat Penting dalam PLTS | ELEKTRINA ENERGY
Panel Surya Adalah Perangkat Penting dalam PLTS

Panel Surya Adalah Perangkat Penting dalam PLTS

Apakah anda bingung apa sih sebenarnya panel surya? panel surya adalah perangkat yang dapat mengubah energi cahaya menjadi arus listrik. Solar cell disebut sebagai  pemeran utama untuk memaksimalkan potensi energi cahaya matahari yang sampai ke bumi. Selain matahari dapat di gunakan untuk menghasilkan listrik, matahari juga dapat memaksimalkan energi panas melalui sistem solar thermal. Urusan listrik menjadi prioritas utama yang harus dianggarkan dalam pengeluaran keluarga. Alasannya karena hampir semua perangkat elektronik di rumah tangga bergantung kepada listrik. Namun, melihat tarif dasar listrik yang naik, tentunya membuat Anda terpikir untuk menerapkan listrik. salah satunya adalah menggunakan panel surya. Anda tertarik memasang panel surya sebagai solusi listrik?. Berikut saya akan menjelaskan sedikit tentang apa itu panel surya.

Panel Surya Terbuat Dari Bahan Apa?

Panel surya terdiri dari banyak sel surya. Sel surya terbuat dari silikon, seperti semikonduktor. Sel surya dibangun dengan lapisan positif dan lapisan negatif, yang bersama-sama menciptakan medan listrik, seperti pada baterai. Anda dapat menemukan item ini melalui jasa pemasangan solar power terpercaya.

Bagaimana Panel Surya Menghasilkan Listrik?

Banyak sekali dari kita yang masih tidak mengetahui atau awam dengan apa itu panel surya, apalagi cara kinerja panel surya.  Panel surya menghasilkan arus listrik langsung.  Dengan listrik AC (arus bolak-balik), elektron didorong dan ditarik, secara berkala berbalik arah, seperti silinder mesin mobil. Generator menciptakan listrik AC ketika kumparan kawat berputar di samping magnet. Listrik AC dipilih untuk jaringan listrik tenaga listrik, terutama karena lebih murah untuk penggunaan jarak jauh. Namun, panel surya menghasilkan listrik dengan arus DC. Bagaimana kita mendapatkan listrik DC ke dalam jaringan AC? Saat itulah dibutuhkan inverter.

Bagaimana Cara Kerja Sistem Panel Surya?

Berikut ini salah satu contoh cara kerja instalasi energi matahari pada rumah. Pertama, sinar matahari mengenai panel surya di atap. Panel energi ke arus DC, yang mengalir ke inverter. Inverter mengubah listrik dari DC ke AC, yang kemudian dapat Anda gunakan untuk menggunakan listrik di rumah Anda. Tenaga surya sangat sederhana dan bersih, dan semakin efisien serta terjangkau sepanjang waktu.

Bagaimana Sih Tenaga Surya Bekerja?

Sinar matahari di panel surya menghasilkan listrik DC – Listrik DC input ke inverter surya yang menjadi listrik AC. Listrik AC dapat digunakan untuk peralatan listrik di rumah Anda. Kelebihan listrik diumpankan kembali ke jaringan utama. Setiap kali matahari bersinar (dan bahkan dalam cuaca mendung), sel menghasilkan listrik. Sambungan grid inverter mengubah listrik DC yang dihasilkan oleh panel surya menjadi listrik AC, yang kemudian dapat digunakan oleh perangkat eletronik di rumah. Jika sistem penghubung jaringan menghasilkan lebih banyak daya yang dikonsumsi, surplus dimasukkan ke dalam jaringan listrik utama. Beberapa perusahaan listrik akan mengukur listrik yang dimasukkan ke jaringan oleh sistem Anda dan memberikan kredit pada tagihan Anda.

Ketika sel surya tidak menghasilkan listrik, misalnya di malam hari, daya Anda dipasok oleh jaringan listrik utama seperti biasa. Tarif yang dibebankan nominalnya sama untuk daya yang digunakan. Karena semua komponen dalam sistem bergerak penghubung jaringan tidak memiliki bagian yang, panel sistem surya umurnya relatif panjang dan bebas dari kerusakan dengan syarat selalu dirawat.

Itulah beberapa cara kerja panel surya yang perlu kita ketahui. Cukup rumit untuk memahaminya, tetapi meskipun rumit belum tentu anda tidak bisa melakukannya, Tidak ada salahnya kita mempelajari dan memhaminya, semoga bermanfaat.

Untuk Pemesanan, Hubungi Kontak Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *